Jama'ah Pengajian Google+

Monday, 12 June 2017

DOA NABI SAW UNTUK ABDULLOH BIN ABBAS - [157]




Doa ini juga baik kita gunakan untuk mendoakan anak-anak kita, para murid dan saudara kita

أَللَّهُمَّ  فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ .   (  رواه البخاري)
Artinya:
Ya Alloh, pandaikanlah ia dalam agama”. (HR Bukhari).

Menurut riwayat yang lain, teks doa Nabi untuk Abdulloh bin Abbas adalah :

أَللَّهُمَّ  فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَ عَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ
Artinya:
Ya Alloh, pandaikanlah ia dalam agama dan ajarilah ia takwil

Suatu ketika Nabi hendak melakukan sholat, dan lebih dahulu beliau ke kamar mandi. Mengetahui hal itu, segeralah seorang pemuda menyediakan air untuk wudhu dan peratan untuk sholat.  Melihat air telah tersedia, Nabi bertanya : “Siapa yang menyediakan ini?”. Salah seorang sahabat memberitahu beliau, bahwa yang menyediakannya adalah Abdulloh bin Abbas, maka beliau berdoa untuknya dengan doa seperti di atas.
Kelak di kemudian hari, Abdulloh bin Abbas tumbuh menjadi seorang sahabat yang paling ‘alim (berilmu pengetahuan), terutama dalam bidang tafsir Al-Qur’an.
Wahai para pemuda dan pelajar. Jika Anda ingin mendapatkan doa yang baik dan tulus dari pada guru dan kiyai Anda,maka berbuat baiklah (tawadhu’) kepadanya dan membantunya. Insya Alloh Anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Wahai para Guru, Ustadz, Pembina, Pembimbing, Muballigh dan Kiyai, jangan bosan-bosan mendoakan para murid dan santri Anda dengan tulus. Nabi Muhammad ketika hendak masuk kamar mandi masih sempat mendoakan murid atau sahabat anak-anak.
Abdulloh bin Abbas ikhlas menyediakan air buat wudhu Nabi, dan beliau pun ikhlas mendoakannya, sehingga Alloh mengabulkan doa tersebut.



 

No comments:

Post a Comment